Cara Flash Asus Zenfone Max Pro M1 (Stuck & Hard Brick)

Ada banyak alasan kenapa harus melakukan flashing Asus Xax Pro M1 yang kita miliki. Salah satunya dai pengalaman yang saya alami yaitu stuck di fastboot mode dan paling parah hard brick. Awalnya memang sempat panik karena baru kali ini mendapat masalah yang serius, tapi untung saja hp kembali normal seperti semula. Jika kalian mengalami masalah yang hampir sama atau hanya sekedar ingin flashing saja silahkan baca cara flash Asus Zenfone Max Pro M1 disini.

Cara Flash Asus Zenfone Max Pro M1

Sebelum ke tutorialnya kalian harus tahu apa saja penyebab terjadinya bootloop, stuck, dan hard brick pada Asus MPM1 dibawah:

  • Sering ganti firmware / custom rom
  • Aplikasi terhenti, dikarenakan ruang tidak cukup
  • Gagal custom rom
  • System corrupt / error

Masalah yang bisa di selesaikan dengan flashing yaitu:

  • Bootloop
  • Stuck logo dan fastboot
  • Restart Sendiri ke recovery atau fastboot
  • Terdapat notifikasi merah (Corrupt)
  • Blank Screen (Layar hitam)
  • OS tidak terinstall
  • Lambat

Baca juga, 2 Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1

Saya rasa masih banyak masalah yang terjadi sampai Asus Zenfone Max Pro M1 kalian ingin di flash agar kembali normal. Metode flashing yang saya gunakan adalah via AFT atau CMD, jadi tidak memerlukan tool tambahan lainnya seperti software flashtool.

Download bahan yang diperlukan:

Cara install Driver: Seperti biasa memasang software di komputer pada umumnya, karena ADB Setup format exe (extract terlebih dulu). Ketikan perintah Y untuk kofirmasi dan enter sampai 3 kali. Secara otomatis diver, system, dan ADB akan terinstall. Bila belum tediteksi saat menghubungkan device ke PC silahkan install manual Asus Driver di device manager sesuai OS windows.

Penting: Jika keadaan hp masih normal dan ingin di flash silahkan bakcup terlebih dahulu data di memori telepon. Secara otomatis bootloader yang sudah di unlock akan relock dan bila sudah di root akan unroot.

Tutorial Flash Asus Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL)

1. Extract firmware Asus Zenfone Max Pro M1 yang sudah di download tadi dan tunggu sampai selesai

2. Pergi ke mode fastboot dengan cara, matikan hp lalu tekan Power bersamaan dengan tombol Volume atas (+) dan tahan

3. Hubungkan Asus Zenfone Max Pro M1 dengan PC melalui kabel USB dan pastikan terditeksi

4. Buka folder 334_stock_AFT dan cari file flashall_AFT dengan format CMD. Lalu klik 2 kali pada file tersebut

5. Proses flash akan berjalan, kira-kira 5 sampai 10 menit. Cepat atau tidaknya tergantung PC atau Laptop yang kalian gunakan dan tunggu sampai selesai

6. Done!

Jika proses flashing lama di bagian system, itu wajar saja karena bagian tersebut ukuran filenya sangat besar.

Penting: Saat flashing mengalami masalah atau gagal (failed pada CMD) silahkan extract firmware di C:// pada PC. Jika masalah masih belum terselesaikan coba restart atau pakai PC lain.

Itulah cara flash Asus Zenfone Max Pro M1 bootloop, stuck, dan hard brick paling mudah. Bila masih bisa masuk ke TWRP sebenarnya kalian masih bisa flash tanpa PC, namun jika masalahnya parah terpaksa harus dengan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.