Cara Update Manual Firmware Asus Zenfone Max Pro M1

Update manual Zenfone Max Pro M1 biasanya dilakukan jika pembaruan tidak kunjung hadir via OTA (over the air). Update ini biasanya pembaruan system mulai dari patch keamanan, bug, sampai upgrade OS Android. Cara upgrade firmware manual Asus Zenfone Max Pro M1 tentu saja tanpa PC dan sangat mudah dilakukan serta tanpa resiko bootloop.

Sebelum melakukan update manual ada baiknya kita cek pembaharuan melalui OTA dengan cara pergi ke Setelan > System > Lanjutan > Update System > Cek Sekarang. Jika ada notifikasi pembaruan silahkan update, jika tidak ada harus update manual via FOTA (firmware over the air).

Perbedaan Update via OTA dan FOTA

Jika kita update via OTA maka ukuran file pembaruan tidak besar karena hanya fix bug, patch keamanan, dan sejenisnya saja. Namun jika yang di update OS Android, contohnya Android 9 ke 10 maka dipastikan ukuran file sama dengan firmware. Biasanya ukuran file 1.5 GB atau lebih, karena yang di update hampir semua system dan tambahan fitur.

Berbeda dengan FOTA yang dimana kita harus download secara utuh firmwarenya mau itu hanya update patch keamanan, bug, atau upgrade OS Andoid. Kelebihan dan kekurangannya sudah terlihat jelas, yaitu hanya dari ukuran file saja.

Baca juga, Cara Flash Asus Zenfone Max Pro M1

Sebelum ke tutoial silahkan siapkan dulu firmware yang ingin kalian update, download firmwae di official Asus. Proses update ini tidak akan menghapus data apapun, jadi tanpa perlu backup pun akan tetap aman.

Cara Update Manual Firmware Asus Zenfone Max Pro M1

1. Pindahkan firmware yang sudah di download ke internal memori di luar folder

2. Reboot / Restart Asus Zenfone Max Pro M1

3. Setelah ponsel menyala akan ada notifikasi bahwa “file pembaruan sistem terditeksi” silahkan tap atau ketuk

4. Pilih Oke, jika ada notifkiasi Baterai minimal harus 20% pilih lagi Oke. Tunggu pesiapan pembaruan selesai dan ponsel akan menginstall firmware

5. Bila pemasangan firmware selesai ponsel akan restart ke tampilan awal dan akan ada pemberitahuan bahwa “pembaruan sistem berhasil

Penting: Jika gagal dalam pemasangan maka dipastikan firmware yang kalian download corrupt/error, silahkan download ulang.

Baca juga, 2 Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1

Cara lain upgrade dan downgrade juga bisa dilakukan dengan TWRP tapi bootloader harus status unlock. Namun bila sudah UBL klaian tidak akan bisa update via OTA.

Itulah cara update manual firmware Asus Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL) via FOTA tanpa PC, semoga artikel ini bermanfaat. Teima kasih!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.